ANALISIS MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TURNAMENTS

Temasokhi Telaumbanua

Abstract


Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Turnaments merupakan model pembelajaran yang mudah diterapkan, melibatkan aktifitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada materi pokok statistika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Turnaments (TGT). (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada aspek pemahaman konsep, aspek penalaran dan komunikasi serta aspek pemecahan masalah khususnya sub materi pokok statistika dengan menggunakan model pembelajaran kooperati ftipe Team Games Turnaments (TGT). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Hiliduho dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan paradigm kuantitatif, menggunakan desain Pre Eksperimental design dalam bentuk One Shot Case Study Instrumen penelitian: (1) Angket. (2) Tes hasil belajar

Keywords


Minat, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnaments

Full Text:

PDF

References


Dimyati, Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, S.B., Zain, A., 2006, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Muslich, Masnur, 2007, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta:

Bumi Aksara

Mulyasa, 2006, Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004. Jakarta: Grasindo.

Suryosubroto B., 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina.2006 Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B., 2011, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar

Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.53695/js.v2i2.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.