TEORI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI, KONSTRUKTIVISME DAN NUMBER HEAD TOGETHER

Adiline Waruwu

Abstract


Model pembelajaran adalah suatu pola atau rencana yang sudah direncanakan sedemikian rupa dan digunakan untuk menyusun kurikulum, mengatur materi pelajaran dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelasnya. pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Model pembelajaran Inkuiri (SPI) adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Model Pembelajaran Konstruktivisme adalah model pembelajaran yang menekankan siswa untuk membentuk sendiri pengetahuannya secara aktif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman. Model pembelajaran Number Head Together adalah model pembelajaran yang menitik beratkan kegiatan siswa pada diskusi kelompok.

Keywords


Model, Pembelajaran inkuiri, Konstruktivisme, Number Head Together

Full Text:

PDF

References


Bistari, 2008, Kontribusi Matematika Terhadap Ilmu Exacta, (Online),

(http://defantri.blogspot.com, diakses pada 13 November 2021).

Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar. Bandung : , Pustaka setia

Isjoni, 2007, Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:

Alfabeta,

Karli, Hilda, dkk., 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bandung:

Generasi Info Media

Lie, Anita, 2008, Cooperatif Learning Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruangruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Nanangwahid, 2009, Teori Belajar Konstruktivisme, (Online),

(http://guru.wordpress.com, diakses pada 13 November 2021).

Suprijono, Agus, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Belajar,

Sanjaya, Wina, 2008, Strategi Pembelajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana

Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

UPI.

Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: PT Gramedia

Widiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.53695/js.v2i2.521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.