Kekuasaan Orang Tua Terhadap Anak dalam Prespektif Perlindungan Anak.

Harisman Harisman, Atikah Rahmi

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelasakan batasan-batasan yang harus dilakukan oleh orang tuan terhadap anaknya di dalam keluarga. Oleh karena  orang tua dalam menjalankan kekuasaannya terhadap anak sering menimbulkan persoalan yang dapat mengganggu hubungan hukum antara orang tua dan anak. Untuk itu dilakukanah penelitian hukum dengan pendekatan perundang-undangan dengan menggunakan data kepustakaan. Data kepustakan yang dikumpulkan dan  dianalisis secara kualitatif,  kemudia hasilnya dideskriptifkan. Berdasarkan  analisis dapatlah dinyatkan bahawa kekuasaan orang tua terhadap anak di dalam keluarga dibatasi oleh kewajiban dan tanggungjawan yang sudah ditetapkan baik dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Undang- Undang Nomor 1 Tahun 1974 dan diperluas dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Berbagai kewajiban dan tanggungjawab orang tua sebagai bentuk kekuasaan orang tua terhadap anak dilaksanakan berdasarkan asas-asas hukum perlindungan anak.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, Anik Handayaningsih, (2020), Kekerasan Anak dalam Keluarga, Wacana, Surakarta Vol.12 No.2 juli,

Cunduk Wasiati, (2020), Partisipasi Orng Tua Terhadap Perlindungan Anak Sebagai Suatu Bentuk Perlindungan Hak Asasi Manusia, Widya Pranata Hukum Jurnal Kajian dan Penelitian Hukum, Yogyakarta, Vol. 3. Nomor 1, Februari.

D.Y. Witanto, (2012), Hukum Keluarga: Hak dan Kedudukan Anak Luar Kawin, Jakarta, Prestasi Pustaka.

Dike Farizan Fadhlillah, Santoso Tri Raharjo, Isharto, “Pemenuhan Hak anak Dalam Keluarga Di Lingkungan Prostitusi”, Prosiding KS: Riiset & PKM, Volume 2. Nomor: 1.

Nursarianai Simatupang, Rachmad Abduh, (2020), Pendidikan Anti Kekerasan Bagi Masyarakat Guna Pencegahan Perilaku Kekerasan Pada Anak, Delega Lata, Medan, Vol.5 Nomor 1, Januarai-Juni.

Pumama Rozak, (2013), Kekeraan Terhadap Aanak Dalam Prespekti Hukum Islam, Sawwa, Pemalang, Vol. 9. No. 1., Oktober

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlndungan Anak

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perindungan Anak

Peraturan Pemeritah Nomor 54 Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak

Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.