Membandingkan Pengikat Cetakan Pasir Bentonit Dan Air Kaca Terhadap Hasil Coran Logam Berbahan Limbah Kaleng Aluminium

M. Yani, M. Fachri

Abstract


Pengecoran logam dengan cetakan pasir adalah proses manufaktur yang menggunakan cetakan pasir untuk menghasilkan produk yang mendekati bentuk dan geometri akhir produk jadi. Banyaknya hasil yang cacat bagian permukaan memerlukan proses pemesinan yang lama dalam perbaikan produk coran tersebut. Produk jadi berbentuk pulley dibuat dengan proses pengecoran dilanjutkan dengan pemesinan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variasi pengikat pasir cetak terhadap kualitas hasil pengecoran. Penelitian ini menggunakan skrap alumunium yang dilebur dalam tungku lebur berbahan bakar gas. Pasir cetak yang digunakan adalah pasir silika dengan variasi pengikat air kaca dan bentonit. Hasil pengecoran berbentuk pulley bahan aluminium diuji dengan: uji cacat porositas, uji struktur mikro dan uji kekerasan. Pengujian struktur mikro menggunakan mikroskop optik dengan pembesaran 100x dan untuk uji kekerasan menggunakan metode HRC (Hardness Rockwell) dengan pengujian di 5 titik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapat bahwa jenis pengikat pasir cetak mempengaruhi struktur mikro hasil pengecoran, porositas yang terjadi juga menunjukan hasil yang berbeda. Hasil pengujian kekerasan didapat yaitu: pada variasi pengikat bentonit nilai kekerasan ialah 30,72 HRC, sedangkan untuk variasi pengikat air kaca dengan nilai kekerasan 31,08 HRC.


Full Text:

PDF

References


Akuan, Abrianto, 2010. “Teknik Pengecoran & Peleburan Logam”Modul Praktikum. Universitas Jendral Ahmad Yani

Ambogo, Dimas, 2018. “Pengaruh Variasi Media Pasir Cetak Kali, Cetakan Pasir CO2, dan Cetakan Logam Terhadap Produk Flange Alumunium”. Universitas Negeri Surakarta.

Dharma, Anggara, 2011 “Material Teknik”. Universitas Brawijaya.

Harsono, Charis Sonny 2006, “Karakteristik Kekuatan Pada Paduan Alumunium Tuang”. Universitas Negeri Semarang

Haryono, Dwi. 2019. “Pengaruh Jenis Pasir Cetak Terhadap Produk Pengecoran Alumunium Dengan Metode Lost Foam Casting”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyanto. 2018. “Pengaruh Variasi Cetakan Terhadap Produk Alumunium Daur Ulang Menggunakan Sand Casting”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Persatika, Wulanda Yunista, 2018.”Modifikasi Pasir Lempung Sebagai Raw Material Pasir Cetak Pada Proses Peleburan Scrap Alumunium”Universitas Lampung.

Saito, Shinroku dan Surdia, Tata. 1992.”Pengetahuan Bahan Teknik”. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Surdia, Tata dan Chijawa, Kenji, 2015. “Teknik Pengecoran Logam” PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Tantawi, Moch Amirul Sayid, 2017.“Pengaruh Cetakan Pasir Silika Dengan Zat

Pengikat Bentonit Pada Pengecoran Kuningan Terhadap Cacat Coran, Struktur Mikro dan Kekerasan”. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.