Pengaruh Gaya Hidup dan Kepribadian terhadap Minat Belanja Online melalui Aplikasi Lazada

Raihanah Daulay, Susi Handayani

Abstract


Belanja online menjadi suatu yang lazim dilakukan pada saat ini. Kebutuhan dan keinginan yang besar sehingga  menimbulkan minat konsumen terhadap suatu produk. Banyak faktor pribadi yang menimbulkan keinginan terhadap suatu produk. untuk segera melakukan pembelian. Usia, Pekerjaan, Keadaan Ekonomi, Gaya Hidup, Kepribadian Dan Konsep Diri adalah factor Pribadi dari setiap individu yang mempengaruhi minat belanja.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Faktor-faktor pribadi terhadap Minat Berbelanja Online Melalui Aplikasi Lazada.. Populasi dalam penelitian ini adalah siapa saja yang pernah berbelanja dengan menggunakan aplikasi Lazada dalam 1 tahun terakhir. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji, asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbelanja pada aplikasi Lazada, Kepribadian  secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbelanja.  Gaya hidup dan kepribadian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbelanja dengan menggunakan aplikasi Lazada. Nilai koefisien korelasi sebesar 43.7%, memperlihatkan kontribusi  variabel Gaya hidup dan kepribadian terhadap Minat berbelanja..


Full Text:

PDF

References


Andriany, D., & Arda, M. (2020). Effect Of Halal Tourism On Interest For Visit Of Tourists In Medan City. International Seminar of Islamic Studies, 1(1), 560–567. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/4182/pdf_74

Daulay, R. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syriah Mandiri di Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15.

Daulay, R., & Mujiatun, S. (2021). The Appeal Of Advertising And Word Of Mouth To Online Shopping Interests On Shopee Application. 2(1), 45–53.

Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8, 1–6.

Daulay, R., & Rany, M. Al. (2018). Analysis of Service Quality Factors on Customer Satisfaction on Taxi Online in Medan City. 678–683. https://doi.org/10.31227/osf.io/k89u4

Hendariningrum, R., & Susilo, E. M. (2008). Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Ilmu Komunikasi, 6(2), 25–32. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/38/42

Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, 13(1), 188–204.

Jufrizen, J., Daulay, R., Sari, M., & Nasution, M. I. (2020). Model Empiris Peningkatan Kepuasan Dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Instagram. Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 249. https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.008

Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa. Sosietas, 5(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran (Prinsip-prinsip manajemen pemasaran) (13th ed.). Erlangga.

LILJA, J. (1994). Consumer behaviour. In International Journal of Pharmacy Practice (Vol. 2, Issue 4). Prentice Hall. https://doi.org/10.1111/j.2042-7174.1994.tb00761.x

Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Alfabeta.

Schifman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit. (2010). Consumer Behaviour (tenth). Prentice Hall.

Sholeh, A. (2017). The relationship among hedonistic lifestyle, life satisfaction, and happiness on college students. International Journal of Social Science and Humanity, 7(9), 604–607. https://doi.org/10.18178/ijssh.2017.7.9.892

Simamora, B. (2011). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Gramedia Pustaka Utama.

Solomon, M. . (2009). Consumer Behaviour (5th ed.). Prentice Hall.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran) (2nd ed.). Ghalia Indonesia.

Wardana, D. (2011). Pengaruh Kepribadian Konsumen pada Pilihan Merek sebagai Konsep Diri pada Kategori Produk. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1), 21–35.




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.