Analisis Kelayakan Usaha Pemanfaatan Palm Karnel Cake (PKC) Dalam Pengomposan Pelepah Kelapa Sawit

Dina Arfianti Saragih, Ingrid O. Y Sitompul, Bima Dwy Syahputra

Abstract


PKC (Palm Kernel Cake) dan pelepah kelapa sawit merupakan limbah dari industri perkebunan kelapa sawit. Oleh karena itu pembuatan kompos pelepah kelapa sawit dengan menggunakan PKC (Palam Kernel Cake) disertai dengan melakukan analisis kelayakan usaha merupakan upaya untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha produk kompos dan meningkatkan nilai tambah/manfaat bagi tanaman yang dapat mempengaruhi biaya pemeliharaan tanaman . yang dilakukan oleh dunia usaha perkebunan. Pendapatan yang diperoleh dari usaha pengomposan sebesar Rp 1.150.000, dengan biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 1.084.550. Dari hasil analisis data diketahui bahwa keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 65.450 dalam satu produksi. Begitu juga dengan perhitungan BEP, produksi 50 kg > Total BEP produksi 47,2 kg. Sedangkan harga jual Rp 23.000 > BEP harga Rp 21.691. Berdasarkan perhitungan kelayakan usaha R/C yaitu perbandingan antara total pendapatan dengan total biaya produksi lebih besar dari satu, yaitu memiliki rasio 1,06 atau 1,06 > 1, sedangkan perhitungan B/C yaitu rasio antara keuntungan dengan total biaya produksi adalah 0,06 atau 0,06 < 1, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha pembuatan kompos pelepah kelapa sawit dengan menggunakan PKC (Palm Kernel Cake) dapat dikatakan tidak layak.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Junedi, H., & Farni, Y. (2012). Pemupukan Kelapa Sawit Berdasarkan Potensi Produksi Untuk Meningkatkan Hasil Tandan Buah Segar (Tbs) Pada Lahan Marginal Kumpeh (Oil. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Murbandono, L. (2001). Membuat Kompos. Penebar Swadaya.

Rahman, R. (2012). Analisa Biaya Operasi Kendaraan (BOK) Angkutan Umum Antar Kota dalam Propinsi Rute Palu - Poso. Rekayasa dan Manajemen Transportasi.

Soekartawi. (2006). Ilmu Usaha Tani. UI Press.

Yopi, Purnawan, A., Thontowi, A., Hermansyah, H., & Wijanarko, A. (2006). Preparasi mannan dan mannanase kasar dari bungkil kelapa sawit. Jurnal Teknologi.

Yunita, I. (2017). Analisis Kelayakan Usaha Dodol Pulut di Desa Paloh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian.




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.