Pengaruh Waktu Aktivasi Adsorben Dari Abu Boiler Pabrik Kelapa Sawit Terhadap Mutu Minyak Sawit Mentah

Ika Ucha P Rangkuti, Heri Purwanto, Yolanda Natalia Matondang

Abstract


Pemanfaatan abu boiler sebagai adsorben merupakan salah satu alternatif untuk mengolah limbah. Disamping itu, abu boiler juga mudah didapat dan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak serta di dalam pemanfaatannya tidak memerlukan biaya yang mahal. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mutu TPHP Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan ( STIPAP ) Jalan Willem Iskandar Medan. Waktu penelitian selama 2 bulan dari bulan Juni – Juli 2020. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non-Faktorial dengan perlakuan waktu aktivasi yaitu 24 jam, 36 jam, dan 48 jam. Pada masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa adsorben dari abu boiler dapat digunakan untuk memperbaiki mutu minyak sawit mentah, dan pada penelitian ini aktivator yang digunakan adalah H3PO4 dengan konsentrasi 10% dan dengan waktu perendaman 24 jam, 36 jam, dan 48 jam dan 50 ml CPO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kondisi yang paling baik dan efektif untuk waktu aktivasi adalah pada waktu 48 jam. Karena semakin lama waktu aktivasi yang dilakukan maka kadar mutu CPO akan semakin bagus terutama pada mutu Kadar Asam Lemak Bebas dan Kadar Air. Hal ini dikarenakan semakin lama waktu aktivasi maka daya adsorpsi abu boiler semakin meningkat. Sehingga waktu aktivasi kadar mutu CPO yang lebih rendah diduga berpotensi memiliki daya adsorpsi (daya serap) yang cukup baik.


Full Text:

PDF

References


Hajar, E. W. I., & Mufidah, S. (2016). Penurunan Asam Lemak Bebas Pada Minyak Goreng Bekas Menggunakan Ampas Tebu Untuk Pembuatan Sabun. Jurnal Integrasi Proses.

Sudrajat, R., & S, S. (1994). Petunjuk Teknis Pembuatan Arang Aktif. Badan Peneliti dan Pengembangan Kehutanan.

Triawan, D. A., Nesbah, N., & Fitriani, D. (2017). Crude Palm Oil’s (CPO) Fly Ash As A Low- Cost Adsorben For Removal Of Methylen Blue (Mb) From Aqueous Solution. Jurnal Kimia Riset, 10–15.

Tutik, M., & Faizah, H. (2001). Aktifasi Arang Tempurung Kelapa Secara Kimia dengan Larutan Kimia ZnCl2, KCl dan HNO3. Jurusan Teknik Kimia UPN.




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.