Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online

Muhammad Arif

Abstract


Tujuan penelitian bertujuan untuk menganalisis beberapa hal yaitu: pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian,  pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, ,pengaruh Lifestyle terhadap keputusan pembelian, pengaruh electronic word of, Social Media Marketing dan Lifestyle terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan Masyarakat Kota Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan daftar pertanyaan seperti kuesioner dan teknik analisis data teknik analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) untuk menguji empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menujunjukkan bahwa: (1)  Electronic Word of Mouth secara persial berpengaruh  signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (2) Social Media Marketing secara persial berpengaruh  signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (3) Lifestyle secara parsial berpengaruh  signifikan terhadap Keputusan Pembelian; (4) Electronic Word of Mouth, Social Media Marketing, dan Lifestyle berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Aditi, B., & Hermansyur. (2018). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 64–72.

Arda, M. (2018). Effect of Word of Mouth (WOM) on Studen Decisions. Departement of Management, 918–927.

Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Christiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 15–18.

Arsyalan, A. G., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Bandung di Shoppe. Jurnal E-Proceding of Management, 6(3), 55–66.

Ashoer, M., Syahnur, H., & Murdifin, I. (2019). Bagaimana Gaya Hidup mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online? Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 52–65.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. 1–38.

Atsila, R. E., Saroh, S., & Krisdianto, D. (2020). Pengauh Electronic Word of Mouth, Online Consumer Review dan Intergrated Marketing Communication di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. Jiagabi, 9(1), 35–42.

Budi, A. P. (2013). Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Medpress.

Morrisan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Muis, M. R., & Fahmi, M. (2017). Pengaruh Promosi dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(3), 12–13.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word Of Mounth: Citra Destinasi, Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Jurnal Proseding Seminar Nasional, 1(1), 194–199.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 1–7.

Pradiatiningtyas, D. (2019). Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Online di Marketplace. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(2), 1–8.

Priansa, D. J. (2016). Pengaruh E-WOM dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online di Lazada. Jurnal Ecodemica, 4(1), 117–124.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrilah. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Businessb and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.

Purwati, A. A., Yusrizal, & Ramadhani, I. C. (2019). Pengaruh Lifestyle, Kualitas Produk, dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Of Management Busines(JOMB), 1(1), 22–36.

Rahayu, S., Zuhriyah, & Bonita, S. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 283–299.

Rangkuti, F. (2015). Mengukur Efektifitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen (Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 108–122.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sunyoto, D. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen (Teori, Kuesioner, Alat, dan Analisis Data). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Syuhada, P. S., & Widodo, A. (2019). Efektifitas Viral Marketing Menggunakan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shoppe. Jurnal E-Proceding of Management, 6(2), 1–8.

Wahyuni, R., & Irfani, H. (2019). Pengaruh Lifestyle, Percived Ease of Use dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pakaian Online. Jurnal PSYCHE 165 Fakultas Psikologi, 12(2), 165–173.

William, & Zikmund, B. J. B. (2013). Menjelajahi Riset Pemasaran Exploring Marketing Research. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.