Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral dan Losses Pada Trafo Distribusi 200 KVA

Faisal Irsan Pasaribu, Elvy Sahnur Nasution, Yusniati Yusniati, Ahmad Rizki

Abstract


Ketidakseimbangan beban sering terjadi pada suatu jaringan listrik yang menjadi permasalahan terus-menerus, terutama pada suatu sistem distribusi tenaga listrik selalu terjadi dan penyebab ketidakseimbangan tersebut adalah pada beban-beban satu fasa pada pelanggan jaringan tegangan rendah. Akibat ketidakseimbangan beban tersebut timbullah arus di netral trafo. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data akurat sebagai bahan menganalisa penyebab ketidakseimbangan pada beban. Metode penelitian yang dilakukan dengan proses data pengukuran yang dilakukan pada trafo distribusi di Jalan Pasar 2 Barat Marelan. Berdasarkan data opservasi lapangan dengan cara pengukuran  didapatkan adanya arus yang mengalir di netral trafo sehingga menyebabkan terjadinya losses (rugi-rugi), yaitu losses akibat adanya arus netral pada penghantar netral trafo dan losses akibat arus netral yang mengalir ke tanah. Hasil penelitian ini diperoleh setelah dianalisa, diperoleh bahwa bila terjadi ketidakseimbangan beban yang besar, maka arus netral yang muncul juga besar, dan losses akibat arus netral yang mengalir ke tanah semakin besar pula. Persentase Ketidakseimbangan beban pada Trafo 200 KVA saat pengukuran siang hari sebesar 10%, sedangkan pada malam hari 12,67%.  Adapun besarnya losses ketidakseimbangan pada trafo 200 KVA yang diakibatkan adanya arus netral dengan perhitungan data disiang hari yaitu 8,38 KW, malam harinya 10,38 KW. Sedangkan besarnya losses ketidakseimbangan pada trafo 200 KVA yang diakibatkan adanya arus netral yang mengalir ketanah dari data siang hari yaitu 15,32 KW, malam harinya 13,45 KW.

Full Text:

PDF

References


AH Setiawan.(2016). Monitoring Ketidakseimbangan Beban Tiga fasa Menggunakan Mikrokontroler dan SMS, Jurnal digilib.unila.ac.id

A Tanjung.(2015). Rekonfigurasi sistem distribusi 20 kv gardu induk teluk lembu dan pltmg langgam power untuk mengurangi rugi daya dan drop tegangan, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol 11(2), 160-166.

Badaruddin.(2012). “Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral Dan Losses Pada Transformator Distribusi Proyek Rusunawi Gading Icon” Jurnal Teknik Elektro (JTE).

Barlian, T., Cekdin, C.(2013). Transmisi Daya Listrik, Yogyakarta: C.V.Andi Offset.

Eryuhanggoro Yugi.(2013), Perancangan Perbaikan Faktor Daya Pada Beban 18.956 kW/ 6600 V, Menggunakan Kapasitor Bank di PT. Indorama Ventures Indonesia[Tugas Akhir]. Jakarta.

ES Nasution, FI Pasaribu, dkk.(2019). Rele Diferensial Sebagai Proteksi Pada Transformator Daya Pada Gardu Induk, Jurnal Ready Star, ptki.ac.id

FI Pasaribu, Muhammad Lutfi Fazawi.(2021). Penentuan Hot Point dan Monitoring Peralatan Menggunakan Thermal Imager Fluke Dengan Metode Thermovisi, JESCE (Journal Of Electrical and System Control Enggineering), 4(2), 113-128.

HL Latupeirissa.(2017). Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral dan Losses Daya Pada Trafo Distribusi, JURNAL SIMETRIK, Vol 7(2)

MDT Sogen.(2018). Analisis Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral dan Losses Pada Tansformator Distribusi di PT PLN (Persero) Area Sorong, Jurnal Electro Luceat, vol 4(1).

NJ Hontong, M Tuegeh, LS Patras.(2015). Analisa Rugi-rugi Daya pada Jaringan Distribusi di PT PLN Palu, Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, Vol 4(1), 64-71

Siregar, Rizky dan Harahap Raja.(2017). “Perhitungan Arus Netral, Rugi-Rugi, dan Efisiensi Transformator Distribusi 3 Fasa 20 KV/400V Di PT. PLN (Persero) Rayon Medan Timur Akibat Ketidakseimbangan Beban.




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.