Simulasi Getaran Pada Piringan Tunggal Akibat Perubahan Putaran

Sudirman Lubis

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui cara mensimulasikan getaran pada piringan tunggal akibat perubahan putaran, dimana untuk mengetahui hasil dari simulasi getaran pada piringan Tunggal dengan menggunakan variasi frekuensi. Dalam penelitian ini menggunakan software solidworks 2017 dan pembahasan hanya di titik beratkan pada simulasi getaran. Hasil penelitian menunjukkan pada simulasi 30 hertz diperoleh 3 nilai yaitu, 3,911 yang berwarna biru menunjukkan getaran mulai bereaksi dan masih terlihat normal, nilai 4,391 terjadi perubahan warna menjadi warna hijau dimana getaran sudah bereaksi dan mengalami perubahan pada piringan Tunggal, nilai 8,392 terjadi lagi perubahan warna menjadi warna merah dimana piringan Tunggal tersebut bergetar sangat keras. Begitu juga dengan frekuensi 50 hertz diperoleh 3 nilai yaitu, nilai 1,273 yang berwarna biru menunjukkan getaran mulai bereaksi dan masih terlihat normal. Pada nilai 4,917 terjadi perubahan warna menjadi warna hijau dimana getaran sudah bereaksi dan mengalami perubahan pada piringan Tunggal, nilai 7,521 terjadi lagi perubahan warna menjadi warna merah dimana piringan Tunggal tersebut bergetar sangat keras

Full Text:

PDF

References


Budiono, 2003 Getaran .merupakan efek suatu sumber yang memakai suatu ukuran hertz Sugeng Budiono,2003,

Depkes, 2003 Getaran yang terjadi pada sebuah piranti atau instrument yang kita gunakan sering kali menimbulkan ketidaknyamanan.

De Yong (1990) ada tiga tipe simulasi yaitu, simulastion exercise, simulationgame dan role playing

D Sharon, (1982) mengatakan sensor adalah suatu peralatan yg berfungsi untuk mendeteksi gejala atau sinyal.

Harington,(1996:187) getaran terjadi saat mesin atau alat atau di jalankan dengan motor, sehinggah pengaruh bersifat mekanis.

Rheba de dan Martha A.Thompson, 1987, Simulasi adalah metode pembelajaran yang menyajikan dengan menggunakan situasi atau proses nyata.

Sri Anitah, W.DKK(2007) prosedur yang harus di tempuh dalam pengguna metode simulasi, menetapkan topic, menetapkan kelompok, simualasi di awali dengan petunjuk & proses pengamatan pelaksanaan




DOI: https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.